Disain web, edit foto, dokumen office, disain gambar CAD, translate dokumen Inggris-Indonesia, dll.

Mengoptimalkan penggunaan protokol jabber (xmpp)


Mengoptimalkan penggunaan protokol jabber (xmpp)

Protokol jabber atau xmpp jarang sekali digunakan oleh pengguna "online" dari kita, kita lebih akrab dengan Facebook, twitter, YM, dan yang lain, padahal salah salah satu keunggulan dari protokol ini adalah sangat ringan dalam pemakaian bandwith, sehingga sangat populer di kalangan "onliner" seluler, tapi bukan berarti kalau hanya lewat seluler atau HP tidak bisa connect ke protokol yang lain, semua komunitas online bisa disambungkan ke account jabber kita lewat applikasi jabber client yang di install di HP yang mendukung java.

Kali ini saya akan menulis tentang pengguanan jabber atau nama resminya XMPP ini, sebagai jembatan menuju protokol-protokol yang lain, dan semua itu cukup kita lakukan dari handphone, dan tentu saja kita tidak harus berada di depan monitor komputer hanya untuk online dan ngobrol dengan teman-teman maya kita, dan kita gunakan bandwith PC kita untuk hal-hal yang lebih berguna, misalnya memposting blog ini...
he he he...langsung saja kita mulai...

Pertama-tama untuk bisa menggunakan jabber ini, anda harus mempunyai satu account yang terdaftar di server penyedia layanan ini, misalnya anda bisa membuat account di nimbuzz atau di jabbus, atau di tempat lain yang menyediakan, tetapi saya sarankan anda untuk membuat account di nimbuzz saja, soalnya komunitasnya yang sudah banyak dan applikasi client nya juga banyak tersedia secara gratis tentunya.

Setelah mempunyai account nimbuzz, sekarang anda tinggal menginstall mobile jabber client pada handphone anda, tentunya yang sudah mendukung java, nggak usah memakai HP yang canggih juga bisa kok, bahkan pengalaman saya, saya pasang di HP cina 500 ribuan juga ngacirr...
Untuk applikasi mobile jabber client nya bisa di ambil disini, atau masuk kesini dan mengetikkan jabber client pada kotak search nya.
Setelah applikasi terinstall di HP, anda tinggal mengisi beberapa setting di applikasi tersebut. Oke akan saya kasih contoh, kita instal aplikasi bombus (atau turunannya, karena aplikasi ini berlisensi GPL jadi banyak sekali variannya, tentu saja cara setting-settingnya juga sama).
Langsung saja buka aplikasinya, karena kita baru pertama kali buka aplikasinya, kita akan mengisi informasi account dulu, buka Menu--->Akun-->Menu--->Akun baru, kemudian isi : Nama pengguna, diisi dengan nama yang sudah di daftarkan tadi di nimbuzz, tanpa @nimbuzz.com kemudian layanan diisi dengan nimbuzz.com, isikan juga sandi akun anda, sedangkan nick name di isi sesuai dengan nama pengguna saja.

Setelah itu klik pengaturan tambahan, kosongkan dan tidak usah di beri centang pada kotak isian yang ada, yang perlu di isi adalah Nama host/IP, isikan dengan "openfire.nimbuzz.com" tanpa tanda petik tentu saja, he he.. isi kotak port dengan angka 5222, atau sudah ada ya...? sumber atau source bisa anda isi sesuai dengan keinginan, karena ini tidak akan "ngaruh", isian selanjutnya biarkan saja kosong atau jangan di rubah, setelah itu klik Simpan, dan tekan saja tombol sambung yang ada, jika semua isian tadi benar, dan account anda valid, dan tentu saja yang paling penting pulsa anda cukup, maka anda akan tersambung ke server nimbuzz. Selanjutnya anda bisa menyambungkan account anda ini dengan account anda yang lain, misalnya Facebook, Yahoo ! messenger, Gtalk, atau yang lain.
Dengan cara seperti ini anda akan bisa online, dan terhubung dengan teman-teman anda sehari penuh, dan teman teman anda akan tidak menyadari kalau anda ngobrol dengan mereka hanya lewat HP, karena di sisi pengguana PC tidak akan ada pemberitahuan dari mana anda "online".
Selamat mencoba....